Apakah Makan Membatalkan Wudhu?

Bagi setiap orang yang beragama islam. Setiap hari mereka pasti melakukan wudhu. Ini dikarenakan wudhu merupakan syarat wajib sebelum melakukan sholat. Tentu semua umat muslim setiap hari harus melakukan kewajiban sholat lima waktu. Oleh karena itu harus berhati hati jika anda melakukan wudhu. Karena jika batal tentu harus mengulangnya lagi agar bisa melakukan sholat. Ini membuat banyak orang yang mempunyai pertanyaan seputar wudhu. Pertanyaan yang sering muncul mengenai wudhu yaitu, apakah makan membatalkan wudhu? Hal ini tentu pertanyaan yang wajar untuk ditanyakan. Karena banyak umat islam yang memang belum mengetahui akan jawabannya.

Makan Apakah Akan Membatalkan Wudhu?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tidak membatalkan wudhu. Makan dinilai bukan termasuk hal yang membatalkan wudhu. Namun ada sebagaian pendapat ulama ada makan yang membatalkan wudhu yaitu makan daging onta. Selain memakan daging onta, berarti makan makanan lainnya tidak akan membatlkan wudhu.

Beberapa Hal yang bisa Membatalkan Wudhu

Lalu hal apa saja yang membatalkan wudhu? Salah satu hal yang membatalkan wudhu adalah najis. Jadi jika anda terkena najis maka wudhu anda tentu batal. Selain itu hal lainnya yang juga membatalkan wudhu adalah hilangnya akal sehat. Hilangnya akal sehat ini dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah gila, karena orang gila tentu sudah tidak bisa menggunakan akalnya. Maka wudhu akan batal. Lalu yang kedua adalah hilang akal karena tidak sadarkan diri.

Tidak sadarkan diri bisa di artikan pingsan atau juga tertidur. Larangan lain yang bisa membuat wudhu batal adalah bersentuhan antara lelaki dan wanita yang beda mahram. hal ini memang salah satu sebab batalnya wudhu yang paling banyak diketahui. Namun ada perbedaan pendapat di larangan yang ini. Karena ada sebagian fatwa yang mengatakan jika tidak sengaja bersentuhan dan tidak ada nafsu di dalamnya maka wudhu tidak akan batal. Sedangkan hal terakhir yang membatlkan wudhu adalah jika tangan menyentuh bagian dubur atau juga kelamin. Kelima sebab tersebut merupakan hal utama yang sering membatalkan wudhu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top