Inilah Beberapa Alasan Kenapa Ac Anda Sering Bermasalah

Cuaca panas yang melanda di hampir seluruh kota besar khususnya di Indonesia saat ini menjadikan kebutuhan penggunaan AC meningkat drastis. Karena ketika kita berada di kota besar ataupun kota industri, dan tidak memasang AC tentunya tidak akan nyaman saat berada di dalam rumah.

Udara yang ada dalam rumah pastinya akan panas dan tidak nyaman untuk beristirahat ataupun melakukan kegiatan rumah. Sirkulasi udara yang ada di rumah dengan menggunakan perangkat AC seperti ini tentunya akan lebih fresh dan sejuk tentunya. Maka dari itu, peningkatan penjualan pada perangkat AC saat ini mengalami peningkatan yang sangat drastis.

Akan tetapi, jika anda ingin memasang AC seperti ini harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara memberikan perawatan dengan benar. Agar nantinya AC yang ada di rumah Anda bisa digunakan hingga puluhan tahun. Selain itu, bagi Anda yang ingin memasang perangkat AC seperti ini juga harus tahu terlebih dahulu beberapa komponen yang ada di dalamnya.

Hal ini juga digunakan untuk mengetahui alasan kenapa AC anda sering bermasalah. Karena nantinya ketika ada beberapa kendala kecil anda bisa memberikan perawatan ataupun pembetulan sendiri. Secara otomatis bisa menghemat biaya pengeluaran untuk perawatan AC tersebut.

Beberapa Penyebab Ac Sering Bermasalah

pixabay.com

Ada beberapa alasan kenapa AC anda sering bermasalah. Salah satunya dari perawatan yang kurang memenuhi persyaratan dari pemilik AC tersebut untuk diberikan secara berkala terhadap perangkat.

  1. Yang pertama adalah menumpuknya debu yang sudah lama di perangkat AC. Rusaknya AC seringkali disebabkan adanya debu ataupun kotoran yang menumpuk di dalam AC tersebut. Benda-benda ataupun kotoran tersebut tentunya akan menghambat sirkulasi ataupun saluran pembuangan air. Sehingga menyebabkan gangguan pada pernapasan/aliran perangkat AC tersebut. Bukan hanya itu saja, akan tetapi nantinya juga akan tumbuh jamur yang membuat sirkulasi udara tersebut menjadi kotor. Jadi anda harus memastikan jika saringan udara yang ada pada AC tersebut selalu bersih. Terutama pada saringan kipas blower, evaporator harus selalu bebas dari kotoran ataupun Debu
  2. Berikutnya adalah kebocoran pada freon. Kebocoran pada freon seperti ini terjadi karena pipa dari saluran yang berfungsi untuk mengalirkan udara dingin tersebut tersumbat. Sehingga aliran freon tidak bisa berjalan dengan lancar. Untuk menandai kerusakan pada AC akibat dari freon yang mengalami kebocoran tersebut, bisa anda cek dengan melihat bekas oli pada perangkat. Ataupun Anda juga bisa menggunakan busa yang dicampur dengan menggunakan air sabun untuk mencari titik dari kebocoran tersebut.
  3. Berikutnya adalah pemasangan AC yang kurang tepat. Jadi sebelum anda memasang AC seperti ini silakan perhatikan untuk tempat dan posisi AC tersebut dengan posisi agak miring ke belakang. Hal ini digunakan agar nantinya air akan mengalir pada saluran pembuangan. Jika tidak dilakukan cara seperti ini nantinya air tersebut akan masuk pada komponen dalam aksi tersebut dan menyebabkan lantai Ruangan menjadi basah. Anda juga bisa berkonsultasi dengan pihak yang profesional mengenai permasalahan AC seperti ini. Agar nantinya Anda juga diberikan arahan untuk proses pemasangan ataupun dipasangkan oleh pihak yang sudah profesional.
  4. Berikutnya adalah kurang teliti saat pengecekan pada pipa AC yang digunakan. Sebenarnya pipa AC seperti ini menjadi salah satu komponen yang paling penting pada perangkat AC. Ketika anda tidak memperhatikan pada komponen seperti ini, pastinya akan sangat berbahaya, dan sering mengalami kendala. Ketika komponen pipa AC tersebut terjadi kebocoran, pastinya semua komponen AC Anda tidak akan berjalan dengan maksimal. Cara mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan isolasi khusus untuk membungkus pipa AC. 1 contoh menggunakan armaflex. Untuk yang satu ini sangat cocok untuk anda gunakan pada pipa AC Anda di rumah. Ada beberapa pilihan ukuran untuk ukuran menyesuaikan dari pipa AC Anda di rumah. Dari ukuran 1/4 inchi, hingga nanti mencapai 2 inci. Untuk harga armaflex 2 inch sampai yang terkecil 1/4 inch ini juga memiliki perbedaan.

Cara Mudah Mengenali Ac Yang Bermasalah

pixabay.com

Agar nantinya Anda mudah untuk mengenali Apakah AC ada di rumah bermasalah ataupun tidak, ada beberapa cara yang bisa anda terapkan.

  1. Yang pertama adalah dengan mengecek Apakah AC saat dihidupkan tersebut masih dalam keadaan dingin ataupun tidak. Jadi Anda pasti bisa merasakan Apakah pada suhu tertentu tersebut sama dengan dinginnya saat aC pertama kali di pasangkan. Ketika sudah mengalami pengurangan pada suhu AC tersebut, berarti AC di rumah Anda mengalami kendala.
  2. Berikutnya adalah mengetahui AC bermasalah dengan bau. Ketika bau tidak enak pada saat Anda menyalakan AC ini merupakan salah satu kendala baru bagi AC anda. Hal tersebut dikarenakan dari evaporator yang memang Kemungkinan tidak berfungsi dengan optimal lagi. Jadi anda harus mengecek komponen di dalam aksi tersebut.
  3. Berikutnya suara asli yang terdengar bising. Biasanya hal ini akan terjadi pada perangkat AC yang sudah lama dipakai. Suara yang berderit sangatlah mengganggu penghuni ruangan tersebut. Penyebab dari adanya Suara bising tersebut dikarenakan dari komponen pada sekrup dan nut perangkat AC tersebut sudah mulai kendor.

Mungkin itu tadi beberapa alasan kenapa apa AC di rumah sering mengalami kendala. Dan beberapa cara mengenali AC yang bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top